Rabu, 19 Desember 2012

PENYAKIT EPILEPSI PADA ANAK


Epilepsi adalah kondisi di mana ada gangguan syaraf di otak. Anak-anak penderita epilepsi mempunyai tingkat kecerdasan dan kemampuan yang sama dengan anak-anak lainnya. Namun, ketidakmampuan belajar, mengatur emosi, dan gangguan pergerakan yang terjadi karena kejang dan dapat diperburuk oleh obat yang digunakan untuk membantu mengontrol kejang-kejang tersebut. Komplikasi pada anak dengan epilepsi sering mengakibatkan prestasi belajar di sekolah yang buruk, depresi, rendah diri, mengantuk, hiperaktif dan gangguan perilaku lainnya.

Perawatan penyakit epilepsi biasanya menggunakan obat tertentu yang dibuat untuk mengontrol kejang-kejang yang ditimbulkannya. Gangguan syaraf di otak yang terjadi secara episodik pada epilepsi mungkin hasil dari beberapa hal dan keadaan yang berbeda-beda.

Penyakit epilepsi ini sebanyak 30% sering terjadi pada anak, dan perlu perhatian danpenanganan yang sangat baik pada penderita penyakit ini. Oleh karena itu seharusnya tidak ada kepanikan yang tidak perlu ketika anak mendapat serangan meskipun pemeriksaan yang lebih mendetail akan diperlukan dalam setiap kasus. Satu kasus seperti seorang anak perempuan India, berusia 7 tahun. Anak perempuan ini dinyatakan sebagai kasus Epilepsi Focal.

Data medical bersama dengan data-data pendukungnya dikirim ke London kepada ahli saraf terkenal, Lord Walton, dan dia setelah memperhatikan penyakit yang diderita anak perempuan tersebut, memberi nama sebagai penyakit ‘Epilepsi fokal jinak masa kecil’. Pendapat secara keseluruhan adalah bahwa kasus tersebut memiliki prognosis yang sangat baik, dan jika melakukan pengobatan secara terus menerus sangat mungkin bahwa anak itu mungkin bebas dari serangan epilepsi selamanya.

Dengan demikian jelas bahwa epilepsi adalah penyakit dapat disembuhkan. Setiap pasien akan sembuh, cepat atau lambat. Beberapa pasien membutuhkan obat-obatan dalam dosis tinggi untuk jangka waktu lebih lama, yaitu di luar 3-5 tahun.

Penyakit Epilepsi bisa juga terjadi pada bayi yang baru lahir. Tanda-tanda mencolok seperti deviasi mata, gerakan menelan, gerakan abnormal dari bibir, dll. Mungkin juga terjadi kejang umum biasa / gerakan menendang-nendang, seperti pada epilepsi mioklonik. Karena gerakan terlihat biasa saja sehingga kita tidak terlalu memperhatikan hal tersebut.

Cara-cara melakukan terapi pada pasien:
Berkonsultasi pada dokter
Evaluasi dan diagnosa pada saat penyakitnya kambuh
Bekerja sama dengan team medis yang berkompeten(ahli patologi, ahli fisioterapi, psikolog), keluarga dan guru untuk mengontrol pada saat terjadi kejang dan merubah gaya hidup dan aktivitas
Memberikan perhatian khusus pada lingkungan yang mempergunakan pisau dan garpu (dapur, R. Makan), Kamar, Peralatan menulis dll. 

Hal ini mungkin membutuhkan peralatan khusus seperti alat makan disesuaikan, peralatan dapur, tempat duduk spesialis, mandi dan peralatan mandi
Melatih keterampilan untuk menghadapi tekanan sosial dan psikologis dari penyakit ini dan perubahan yang tak terduga kemudian
Mengatasi kemampuan untuk jangka panjang dan untuk mengurangi risiko cedera
Mengubah jenis pekerjaan atau lingkungan rumah yang akan mendukung anak dan pada saat penyakit ini terjadi
Mengatur mendukung lingkungan yang memfasilitasi dan mendorong otonomi dan kemerdekaan
Mendorong untuk berpartisipasi dalam kegiatan organisasi, kegiatan olahraga dan sosial
Pertimbangkan menyediakan perlindungan khusus atau aspek pada lingkungan sekitar, jika diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar